Menkes Tekankan Bahayanya Narkoba

Posted: 9 Januari 2015 in News
Tag:

Menkes Tekankan Bahayanya Narkoba

KESADARAN masyarakat akan pengetahuan bahaya penggunaan narkoba masih minim. Hal tersebut pun menjadi perhatian Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Ia menekankan, agar masyarakat tidak terjerumus oleh barang terlarang.

Terbukti musisi Fariz RM kembali terjerumus menggunakan obat-obatan terlarang yang tentu bahaya bagi kesehatan. Tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhi hal itu, salah satunya yakni, kurangnya kesadaran ingin menjauhi barang terlarang itu.

“Menurut saya sadar akan kesehatan diri sendiri dulu memang benar. Kalau semua sadar dalam hal ini nasibnya jadi berubah,” ucap Menkes Nila kepada Okezone di Gedung Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (9/1/2015).

Lebih lanjut, kata dia, kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk menjauhi narkoba harus lebih ditekankan. Pasalnya, bila seorang pemakai obat-obatan terlarang tidak segera dari rasa kecanduan akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Dari saya kesadaran itu yang mungkin harus kita tekankan. Kalau masyarakat gak sadar akan kesehatan diri sendiri tentu akan rugi dan terjerumus,” imbuhnya.

Namun. dalam kesempatan sama, Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes RI dr Eka Viora Sp. Kj menambahkan biasanya orang terjerumus narkoba dimulai dengan coba-coba. Sampai akhirnya mempengaruhi kondisi psikologis dan otak seorang pecandu.

“Kalau seorang pecandu dia mengalami penyakit gangguan perilaku. Ketika dia tidak menggunakan lagi, badannya ada rasa tidak enak dari efek obat. Misalnya ekstasi dan sabu itu akan dirasakan dia sebagai penolong. Maka itu membuat dia ingin pakai lagi,” tutupnya.

SUMBER

Tinggalkan komentar